IBX5980432E7F390 Wabup Janji Fasilitasi Seni Budaya di Jepara - LINTAS JEPARA

Wabup Janji Fasilitasi Seni Budaya di Jepara



Jepara – Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi berjanji akan lebih memperhatikan kehidupan kesenian di Bumi Kartini. Menurutnya, seni merupakan bagian tak terpisahkan dari dunia pariwisata yang menjadi visi misinya bersama pasangannya Ahmad Marzuqi. Hal ini disammpaikan oleh Andi saat membuka pameran tunggal Seni Ukir bertajuk Eksistensi di Aula Museum Kartini, Senin malam (13/11/2017). 
 
Menurut Andi, Pemkab Jepara akan mendorong dan memfasilitasi warga Jepara yang bergerak dalam seni apapun itu, khususnya seni ukir. Hal ini agar seni ukir menjadi sesuatu yang bisa dipahami dan dimengerti khususnya oleh generasi muda. Andi mengakui jika saat ini terjadi degradasi minat dari generasi penerus. “Saat ini, kesenian tersebut semakin kehilangan daya tarik karena kurangnya pemahaman akan seni itu sendiri,” ujarnya. 
 
Lebih lanjut Andi meminta agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jepara untuk terus melakukan kampanye dan re-interpretasi seni ukir. Dengan hal itu, ia berharap semakin banyak generasi muda yang memahami akan makna ukir-ukiran. “Sudah kita siapkan fasilitasi seni dan budaya di Jepara. Hal itu merupakan visi dan misi dari Pak Bupati dalam pengembangan sektor pariwisata,” jelasnya.
 
Dalam pameran ukir bertajuk Eksistensi ini,seniman ukir asal Desa Sukodono, Kecamatan Tahunan, memamerkan 19 karyanya. Karya itu meliputi dua dimensi, sampai tiga dimensi dan karya instalasi. Melalui karyanya tersebut, ia ingin mengajak generasi muda Jepara untuk lebih tertarik dan peduli terhadap seni ukir. 
 
Lewat karyanya berjudul Lumbung Padi, ia menggambarkan bagaimana Jepara diibaratkan sebagai lumbung seni ukir. Namun kini keberadaannya mulai ditinggalkan oleh anak-anak muda yang ia simbolkan dengan ayam-ayam yang mati di lumbung meskipun terdapat padi yang melimpah. 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Wabup Janji Fasilitasi Seni Budaya di Jepara"

Post a Comment